.:: Fajar_ridikc identity | | about me Fajar_ridikc ::.

AR :: Cara Membuat Aplikasi Augmented Reality

0 :: comments


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
bismillaahirrahmaanirrahiim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
{ Silahkan Cari sesuatu terkait Blog Fajar Dibawah ini }

Cara Membuat Aplikasi Augmented Reality


Buat kamu-kamu yang ingin tau bagaimana membangun Augmented reality Reality, saya kasih tau dah cara na, gampang kok cara ngebangun na, yang penting kamu punya jiwa seni yang baik. Tapi sebelumnya, saya punya permintaan neh, kita sebagai sahabat di dunia maya, janganlah saling mengklaim hak milik orang lain, karena kita harus menghargai dan menjalani etika di internet. Kamu bebas copy-paste tutorial dari saya, tapi pliss tutorial AR tulisan saya, jangan kamu klaim sebagai tutorial buatan kamu ya, kita saling menghargai lah, Ok Gan…
Olright, Langsung aja saya kasih tau tutorial singkat tentang membangun AR, tapi tutorial ini hanya baru membahas, menggabungkan animasi 3D dengan dunia nyata, untuk masalah tentang AR lainya, masih dalam proses pembuatan tutorial. Ok Lanjut, Dalam membuat AR, kamu kudu memenuhi syarat dibawah ini:
Syarat Hardware dan Perangkat Lainnya:
a. Kamera/Webcam 25Mhz Atau Lebih
b. Marker (Sudah ada di Software Library ArToolkit)
c. VGA yang 128 Mb atau Lebih
d. RAM 512 Mb atau Lebih
e. Printer Warna
Syarat Software:
a. Windows XP (No Vista or Seven)
b. 3DS Max 7
c. Adobe Photoshop
d. Software Library ArToolkit
Syarat Lainnya:
a. Download Video Tutorial Saya, Biar Gak Bingung.
Bila kamu dah menuhin syarat diatas, saatnya kita membangun Augmented reality reality, untuk lebih jelas na, kamu bisa liat video tutorial saya. berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu laluin:
1. Download ArTookit dan SimpleVrml, Kamu bisa download di :
2. Copy ArToolkit ke salah satu drive computer kamu (no install)
3. Install syarat software diatas
4. Buka 3DS Max 7 kamu. Kemudian kamu buat objek 3D kreasi kamu.
5. Bila objek 3D telah dibuat, kamu eksport file Max.3D tersebut ke VRML 97 *(Lihat Video Tutorial)*
6. Kemudian, setelah kamu eksport file Max.3D tersebut menjadi file VRML atau file WRL, file tersebut (WRL), kamu copy ke drive: \ARToolKit\bin\Wrl *((Lihat Video Tutorial)*
7. Langkah Selanjutnya, di folder Wrl ArToolkit, pasti kamu liat ada file (.dat), nah kamu ganti nama file (.dat) tersebut dengan nama yang sama dengan file WRL kamu. saya ambil contoh: jika file WRL saya nama na pari.wrl, maka kamu ganti file (.dat) na menjadi pari.dat. Mungkin dalam Video Tutorial ada banyak file (.dat), itu sebenarnnya file skripsi saya, di cuekin aja ya.. hahahaha…
8. Jika sudah, kamu buka file (.dat) tersebut dengan wordpad (jgn notepad), kemudian kamu ganti nama asli file (.dat) tersebut dengan, nama file (.wrl) kamu. Contoh na:
pari.WRL
0.0 0.0 0.0 # Translation
90.0 1.0 0.0 0.0 # Rotation
10.0 10.0 10.0 # Scale
9. Kemudian anda buka folder data (\ARToolKit\bin\Data) di ArToolkit.
10. Buka file (object_data_vrml) dengan wordpad (jgn notepad), didalam file tersebut ada 3 source code, nah mulai dari sini, saya jelasin maksud na apa tuh source code :
Pasti kamu liat ada tulisan :
#the number of patterns to be recognized
3
Nah itu maksudnya, pola-pola atau marker yang akan dikenali oleh kamera, kamu bisa atur lebih dari 3 kok. Mungkin klo kamu liat di video tutorial saya, ada 9 pattern, itu sebenarnya bekas skirpsi saya, jadi jangan diperhatiin yah.. hahahahaha..
Oke lanjut, source code berikut na adalah :
#pattern 1
VRML Wrl/(nama file).dat
Data/patt.hiro (nama pattern)
80.0
0.0 0.0
nah source code yang ini, tuk naro objek 3D yang telah kamu buat. kamu tulis nama file (.dat) punya kamu, terus kamu tulis juga nama pattern marker yang sudah disiapin oleh ArToolkit. kamu bisa pilih pattern marker na di folder : ARToolKit\bin\Data, untuk melihat pola pattern na, kamu bisa masuk ke folder: \ARToolKit\patterns. Sebagai contoh:
#pattern 1
VRML Wrl/pari.dat
Data/patt.hiro
80.0
0.0 0.0
11. Print Pattern Marker yang kamu pilih or yang kamu tadi masukin ke source code diatas, sebagai contoh saya gunakan marker hiro, jadi saya ngeprint marker Hiro. Pattern Marker bisa dilihat di folder : \ARToolKit\patterns. inget jangan di rubah ukurannya, itu sudah ukuran baku.
12. Nah Langkah Terakhir Buka Folder: \ARToolKit\bin
13. Buka software SimpleVrml.exe.
14. Tunggu Proses Loading
15. Jika Kamera Telah Muncul, Maka Arahkan Marker Ke Kamera. Jadi Deh Augmented reality Reality karya Kamu.

Ingin Berlangganan artikel Fajar..? Masukkan Email Dibawah ini kemudian Klik tombol [klik disini] dibawah ini (gratis):

jangan lupa konfirmasi, karna akan ada form verifikasi di email anda.

NB :: Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code, membeli hardware elektronika untuk kepentingan Perusahaan maupun Tugas Akhir (TA/SKRIPSI), Saya siap membantu, Dengan Cara menghubungi saya { fajar_ridikc }, melalui :

Email: Fajarudinsidik@gmail.com
No Hp: 085369237896
atau Kirimkan Private messanger melalui email dengan klik tombol order dibawah ini :

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Alhamdulilah hirobil alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh




{ Silahkan Cari sesuatu Disini }
{ Dibawah ini hanya sebagian artikel, untuk lebih lengkap, cari melalui form diatas}

Fajar_ridikc
Ditulis Oleh : Fajar_ridikc

Artikel AR :: Cara Membuat Aplikasi Augmented Reality, Diterbitkan oleh Fajarudin Sidik pada Tuesday, 10 January 2017. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda.Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, namun anda harus menyertakan sumbernya. Bila Sobat tertarik Ingin membuat software, membeli software, membeli source code ,membeli hardware elektronika atau ingin kursus program, Saya siap membantu ,Dengan Cara menghubungi saya {fajar_ridikc} Ke Email: Fajarudinsidik@gmail.com, atau No Hp :085369237896